Apa itu Tornado

Selasa, 02 Maret 2010

Tornado atau yang lebih kita kenal dengan angin puting beliung memiliki daya rusak yang tinggi. Sebagai ilustrasi, jika anda pernah membuka dengan tiba-tiba air yang tergenang di dalam wastafel maka akan terjadi pusaran air, begitulah kira-kira bentuk pusaran badai tornado.

Tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari 1,6 km dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.

Tornado bisanya di ikuti dengan awan badai - thunderstorm (hujan angin yang di ikuti petir). Awan badai ini merupakan kumpulan energi yang sangat banyak sehingga menimbulkan gaya dorong ke dalam awan.

Awan terbentuk dari pengkondensasian air di udara, setiap gram air yang terkondensasi setara dengan 600 kalori panas yang di hasilkan. Energi ini akan terus miningkat dan di rubah menjadi energi kinetik akibat pergerakan udara keatas dan kebawah. Rata-rata hujan badai melepaskan energi 10.000.000 kwh atau setara dengan 20 kilo ton nuklir.
Pergerakan udara keatas ini lah yang membuat terjadinya pusaran udara atau yang di kenal dengan tornado.

Tingkatan skala tornado
  • Tingkatan skala tornado berdasarkan skala Fujita. Nama ini diambil dari nama penemunya yang seorang meteorologis bernama T. Theodore Fujita. Skala Fujita ini memiliki enam tingkatan yaitu:Skala F0 merupakan tingkatan terendah dengan kecepatan angin 40 sampai 72 mph
  • Skala F1 dengan kecepatan angin 73 sampai 112 mph. pada tingkat ini tornado mampu merusak atap bangunan dan mobil kecil.
  • Skala F2, tornado mampu merusak rumah, truk, kereta api dan pepohonan. Kecepatan angin sekitar 113 sampai 157 mph.
  • Skala F3 dengan kecepatan angin 158 sampai 206 mph.
  • Skala F4 dengan kecepatan angin 207 sampai 260 mph yang mampu merusak struktur bangunan rumah.
  • Skala F5 merupakan skala tertinggi dengan kecepatan angin 261 sampai 318 mph. Pada tingkat ini, mobil akan berterbangan di udara dan seluruh truktur bangunan rumah akan luluh lantak di hantamnya.
Sumber: Gambar1, Fas.org, wikipedia

6 komentar:

SeNjA mengatakan...

jangan sampai deh ngalamin lihat tornado seremmm,... *_*

selamat malam sobat ^^

Wawank mengatakan...

Hebat infonya!!
Tornado.!
Semoga gak ada tornado!

Darin mengatakan...

Kalau di Indonesia saya rasa aman-aman saja denga tornado. Kita malah waspada ma gempa dan tsunami nih :)
Good artikel, tapi lebih bagus jika dilampirkan contoh2 kasus tornado yang pernah terjadi di dunia, sehingga kita bisa punya gambaran jelas. :)

Darin mengatakan...

Kalau di Indonesia saya rasa aman-aman saja denga tornado. Kita malah waspada ma gempa dan tsunami nih :)
Good artikel, tapi lebih bagus jika dilampirkan contoh2 kasus tornado yang pernah terjadi di dunia, sehingga kita bisa punya gambaran jelas. :)

Jalani hidup apa adanya mengatakan...

SeNjA < mudah2 an di Indonesia tidak ada bu
Wawank < semoga ya saya ambil artikel ini dari kejadian badai hujan di Jakarta tgl 1 maret 2010
Darin < terimakasih sahabat atas idenya saya akan menambahnya

rezKY p-RA-tama mengatakan...

mampir

Watch TV - Live IP televisionAccess to 4000 Online television channels from your notebook. No need of of a TV tuner or decoder. 100% legal - no subscription needed.

Watch television stations live anywhere. All you need is our IP television software, your computer, and Internet connection.

It's easy to find a controversial episode of Gossip Girl up and running the next day. No longer reason to miss your favourite TV channels! Online Television changes the way we watch Television.

Online television is the new technology brought to us by the amazing discovery of the Internet. Ever wonder what TV stations are like in USA, or England or Germany? It's easy to find out, just turn on your computer and access your IP TV software account on the internet. It's that simple. Could you have imagined even 20 years ago that you would be able to tune in and watch a television channels from another part of the globe?

No reason to buy cable TV for big money when you can install TV on home laptop? Internet television is the next big thing in online technology. Simply thing, Online television offers the consumer ability to playback his or her favorite channels and films without using buttons on the television front panel.